Selasa, 15 Januari 2008

SEJARAH & PERKEMBANGAN INTERNET

SEJARAH & PERKEMBANGAN INTERNET

Internet adalah kumpulan komputer pribadi yang terkait satu dengan lainnya dalam bentuk jaringan. Jaringan tercipta melalui saluran telekomunikasi, seperti telepon.
Internet lahir pada masa perang dingin sekitar tahun 1969 dan digunakan pertama kali untuk keperluan militer. Berdasarkan kebutuhan atas peningkatan kecepatan arus informasi antar staf militer Amerika Serikat, maka dikembangkan perangkat komunikasi dengan kemampuan mengirim dan menerima berbagai data dan informasi secara terpadu dan terintegrasi. Pada saat itu juga Departemen Pertahanan Amerika Serikat membangun sebuah sistem jaringan dengan menghubungkan semua komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir.
Untuk keperluan tersebut dibentuklah proyek ARPA (Advanced Research Project Agency) dengan sebutan ARPAnet yang dibuat oleh DARPA (Defense, Advanced Research Project Agency) suatu bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek tersebut juga bekerja sama dengan beberapa universitas dan research fasilites. ARPAnet pada awalnya sangat kecil dan hanya menghubungkan 3 buah komputer di California dan 1 di Utah. ARPAnet semula dirancang untuk menemukan jaringan komputer handal, dan sampai berapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standard yang ditentkan menjadi cikal bakal untuk pengembangan protokol baru yang sekarang dikenal dengan TCP/IP.
ARPAnet dipecah menjadi dua yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPAnet yang baru yang lebih kecil untuk non-militer seperti universitas-universitas. Hal ini dilakukan karena perkembangan ARPAnet diseluruh daerah membuat semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPAnet kesulitan untuk mengaturnya. Gabungan kedua jaringan ini akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet saja.
Lalu NSF (National Science Foundation) melanjutkan proyek ini dan kemudian menciptakan jaringan sendiri bernama NSFnet berdasarkan teknologi IP yang dipakai oleh ARPAnet dengan saluran telepon sebagai sarana transmisi. Karena bianya terlalu tinggi, maka pihak NSF memutuskan membuat alternatif dimana komputer akan berhubungan dengan jaringan lokal, kemudian jaringan lokal ini meneruskannya ke jaringan komputer lainnya.
Alternatif ini berhasil, sehingga jaringan komputernya dikembangkan lebih lanjut oleh Merit Network Inc. bekerja sama dengan IBM dan MCI. Namun demikian hubungan masih terbatas pada lingkungan akademi, lembaga penelitian dan instansi pemerintah di Amerika Serikat.
Baru pada awal tahun 90-an internet mulai komersial, diperluas ke mancanegara dan berkembang sangat pesat. Internet mendapat tanggapan yang sangat memuaskan karena jumlah pemakai Internet terus meningkat. Di Indonesia sendiri, Internet mulai dikenal luas sejah tahun 1995. Sebelumnya Internet sudah dikenal dikalangan akademik dan pusat-pusat riset. Layanan Internet terbuka sejak IndoInternet berdiri sebagai penyedia layanan Internet pertama di Indonesia. Kesuksesan IndoInternet ini kemudian diikuti dengan munculnya Internet Service Provider (ISP) lainnya, yang kini semakin menjamur.

Ref & Sumber :
Cara Mudah Belajar E-commerce di Internet, Rijanto Tosin & Catur Meiwanto
Cara Mudah Belajar Internet, Homesite dan HTML, Ahmad Bustami
Kursus Kilat Internet dan Intranet, Michael R. Wijela

Tidak ada komentar: