Sabtu, 15 September 2007

STUDI KASUS USAHA KUE COKLAT

KASUS :
Sebuah perusahaan di Jakarta yang bergerak di bidang penjualan makanan-makanan ringan dalam hal ini memfokuskan pada penjualan kue coklat, mencoba ingin mengembangkan usahanya. Hal ini perlu dilakukan dikarenakan permintaan terhadap kue coklat tersebut meningkat sampai keluar kota. Informasi tambahannya perusahaan tersebut mempunyai rekanan di luar kota. Bagaimana strategi pemasaran yang baik yang dapat dilakukan untuk mengembangkan usaha tersebut.. !

SOLUSI :
Beberapa hal penting yang harus diperhatikan apabila ingin mengembangkan usahanya khususnya berkaitan langsung dengan konsumen yaitu :
- Informasi yang cepat, tepat & akurat baik mengenai produk kue coklat yang tersedia ataupun mengenai harga produk kue coklat tersebut, sehingga konsumen tidak mengalami kesulitan dan dapat mengetahuinya secara pasti.
- Cita rasa yang tidak berubah, penting demi kepuasan konsumen.
- Biaya yang tidak terlalu memberatkan terutama apabila pihak konsumen ingin produk kue coklat yang dipesan diantar langsung.

Berdasarkan uraian informasi diatas, strategi pemasaran yang mungkin bisa diusulkan untuk mengembangkan usaha kue coklat tersebut adalah :

Pada setiap daerah yang memiliki rekanan dijadikan sebuah agen ataupun cabang dari pusat perusahaan kue coklat yang terdapat di Jakarta. Adapun tujuannya yaitu selain tempat untuk mendapatkan informasi, agen tersebut juga dijadikan tempat produksi kue coklat dengan resep yang sama yang digunakan oleh perusahaan pusat, sehingga cita rasa kue coklat tersebut tidak berubah dan dapat menekan biaya produksi, biaya distribusi & biaya operasional yang besar. Sehingga kue coklat yang dipesan oleh para pihak konsumen dapat diterima dengan cepat dengan kondisi yang baik tanpa harus memesannya jauh ke Jakarta.
Selanjutnya, perusahaan kue coklat tersebut juga perlu membuat sebuah situs sendiri yang dapat diakses di internet, dengan kata lain, membangun sebuah bisnis yang berbasis e-commerce. Bisnis atau transaksi jual beli yang dilakukan di internet. Dengan menampilkan informasi yang cepat, tepat, akurat dan up to date, sehingga transaksi dapat dilakukan tanpa harus bertemu langsung ataupun bertatap muka. Salah satu manfaat yang bisa diperoleh oleh pihak konsumen yaitu transparansinya harga-harga & produk, dengan menampilkan data resmi dari pusat. Artinya apabila terjadi perbedaan informasi ada di cabang dengan yang di pusat dapat diketahui dengan pasti. Manfaat lain yang bisa diperoleh yaitu dapat mempersingkat periode distribusi dan penjualan, dengan ditunjang adanya agen atau cabang perusahaan. Keuntungan lain yang bisa diperoleh yaitu perusahaan dapat berinteraksi langsung dengan pihak konsumen seperti :
- keluhan terhadap kualitas produk kue coklat.
- pertanyaan atau permintaan informasi mengenai produk kue coklat yang lain.
- pemberitahuan tentang produk-produk kue coklat yang baru ditawarkan
- dan lain sebagainya.
Adapun tipe model bisnis berbasis e-commerce ini yang bisa diterapkan untuk menunjang dalam pengembangan usaha kue coklat ini adalah :
- Direct to customer, yaitu melakukan penjualan melalui hubungan yang terjalin secara langsung antara perusahaan dengan pelanggannya.
- Virtual Community, yaitu memanfaatkan komunitas yang ada di dunia maya untuk berbagai keperluan seperti penawaran produk.
- Value Net Integrator, yaitu mengintegrasikan berbagai entiti atau sumber daya yang ada di internet agar produk baru yang belum pernah ada sebelumnya dapat ditawarkan kepada calon pelanggan.
- InfoMediary yaitu kemampuan dalam menyampaikan dan mendapatkan informasi secara cepat dengan adanya virtual community.

Sekilas bagaimana satu dari banyak strategi pemasaran yang bisa diterapkan dalam pengembangan usaha kue coklat tersebut. Semoga bermanfaat.(okki).

Disadur dari berbagai sumber..

Tidak ada komentar: